Hiking to Mt.Arjuna

boleh saya katakan, saya mulai jatuh cinta dengan alam
di akhir penghujung tahun, saya bersama teman2 MAPALA berencana hiking ke gunung arjuna,
akhirnya kami putuskan berangkat pada tanggal Senin,29 Desember 2009 pukul 15.00
dan berkumpul di kampus terlebih dahulu..
saya sih ikut saja, asal ngikut gitu ceritanya.
ini pengalaman perdana saya hiking yang betul-betul hiking,
awalnya kami disana berencana hanya 2 hari 1 malam,
 
saya dan mb ayu tentu tidak puas kalau cuma 2 hari saja.
well,  saya sms fajar (ketua MAPALA saat ini) yang berbunyi “jar, nanti sampai puncak ya..”,
dan fajar pun membalas “gampang..”.
saya sms seperti itu karena ketidakpuasan rencana hanya camping 2 hari
dan saya kira mendaki gunung itu…. > begini cerita nya,
okee, kami ber20 berangkat dari kampus ada saya,mb ayu,fajar,hehok,2 teman hehok,ms handi,andromeda,ms dwi,bhepe, ms simon, ms handi,

pram, getar,ms fajar, ms surur, joems rolland,, nggewe, sapa lagi
ya.. (maaf yang belum tersebut).. dari kampus kami menuju rumah ms ned2,

okelahhh.. tunggu.! kami kesana dengan menaiki sepeda motor , wew ini juga pengalaman perdana saya..
euleh2, dari rumah ms ned kami berangkat, joe juga menjemput sang pacar si pitri,,

tak disangka, sampai waru hujan mengguyur dengan derasnya,

kami berhenti sebentar di dekat lampu merah untuk berteduh,

tidak semua sih. hanya beberapa.. saya, ms simon,ms ilham,ms dwi, bhepe,ms rolland..
brrrr, sumpah ! hujannya deres banged !

berhubung ada beberapa kami yang tidak membawa jas hujan,

dengan tekad bulat kami hujan-hujanan.. asyiknya !

saya hanya membawa satu jas hujan yang bermodel baju dan celana,
karena saya di gonceng oleh ms simon,

saya memakai bajunya dan ms simon pakai celananya ! ahahahaha 😀 ,

ms ilham berteduh dengan jas hujan ms dwi, dan ms rolland dan bhepe tidak memakai jas hujan !wkwkwkkw..
perjalanan dimulai,

sampai di sidoarjo kota hujan berhenti alias sidoarjo TIDAK HUJAN ! DAMN…

how a beatiful day ?? @.@
perjalanan dari surabaya menuju gunung arjuna dengan berbagai rintangan itu membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam-an, sumpah berasa pegel banged duduk di jok motor selama itu !

oke, sampai di pusat perijinan pendakian(yang ini, saya baru tahu kalau mendaki itu juga butuh ijin. wkwkkwkw) , kami berhenti sebentar, istirahat sejenak dan mencari warung makan made in arjuna.
dengan berjalan kaki dari perijinan, kami menuju warung yang menjual makanan, ada rawon, nasi campur, pecel, dsb..setelah makan, kami kembali ke perijijnan,

setelah makan, saya bertemu rombongan dari jakarta yang waktu itu telah selesai mendaki gunung samapi ke puncak, dan sambil mengantri toilet, ms itu bercerita..(kita panggil ms itu dengan nama ms.X)..
ms X : dari mana mbak ?
saya : dari surabaya, ms ?
ms X : dari jakarta ..
saya : ooooo.. (hanya itu yang bisa saya bilang )
ms X : denger berita mbak, kalau di lawu ada orang hilang ??
saya : (mikir banged….lawu itu apa ya ??hahah, dan saya baru sadar kalau lawu itu juga nama gunung, bawaahaha…. ) o iyaa ?
ms X : iya, 2 meninggal 6 orang hilang.
saya : (batin : zzz, ni orang nakut-nakutin, ga da berita yabg lebih heboh dari itu ya ? )
ms X : saya sih cuma berdoa yang penting ke 34 rombongan saya selamat mbak..
saya : syukurlah..
ms X : mau ndaki sampai mana mb ?
saya : sampai pos 2 ms,buat camping disana
ms X : ooo, itu sih deket mb..!

dari situ bisa disimpulkan, ASLI keberanian saya turun 5 % gara2 si Lawu,
tapi, saya tidak mau kalah dengan mas-mas dari jakarta itu , hehehheeh 🙂
okeee ! pendakian berangkat…

oiya, ada 2 orang tambahan.. temen fajar, namanya ms aris dan ms haryono.
rombongan dibagi 2 kelompok, cewek-cewek ada di rombongan pertama, lebih tepatnya saya tidak tahu terdiri dari siapa saja kedua rombongan itu, karena kami mulai pendakian malam hari,
kurang lebih pukul 19:30…

2 meter masih ada lampu rumah penduduk, setelah memasuki pintu gerbang pendakian ! GELAP TOTAL , jadi kami hanya di terangi degan beberapa senter.
okeeee, 2-3 meter belum terasa, jalannya naik dengan jalan aspal, naik terus..
huffff, saya dan mb ayu beserta pitri mulai ngos-ngosan…ditambah hawa yang dingin , untuk kami memakai jaket!
(hufffff, begini rasanya naik gunung, T.T)

di gunung arjuna ini terdapat 4 pos untuk menuju puncak,
masaolloh, pos satu aja jauhnya minta amitttttt.. ada kalo 1KM kurang lebihnya, udah gitu jalannya naikkkkk BANGED..
akhirnya saya mulai jalan pelan, (gapapa dah ketinggalan, batin saya) …

akhirnya ketika saya berjalan pelan-pelan, ada fajar yang menyusul dibelakang saya ,terjadilan percakapan :

fajar : syl, kalau naik jangan dipaksa.. pelan2 aja
saya  dalam hati : (huahahahahha, ketauan deh, kalau jalannya maksa.! wkwkwkwkk)

sumpah, setelah beberapa KM hawa mulai terasa panas ! tidak bukan panas, lebih tepatnya karena kami berkeringat, makanya hawanya jadi panas, saya berhenti sejenak,
saat itu saya baru sadar kalau saya tertinggal jauh denga mb ayu, saya melepas jaket ! ahahahah.. dengan baik hati, tas saya yang lumayan berat itu dibawakan oleh fajar,
saya (batin) : gila ni orang, udah bawa tas sebegitu gedenya, di tambah lagi dengan tes saya.
dan saya hanya bisa berdo’a semoga fajar mendapat pahala yang setimpal dengan berat tas saya , yang dia bawakan..hahahha :)) thanks alot !

sampai di pos satu, kami berhenti sejenak, isirahat, minum-minum…
lanjut lagi, di pos itu saya berdo’a : “Ya Allah, jangan jauhkan pos dua dari kami..”
dan kami pun berangkat,
jalanan saat itu sudah mulai berbatu dan naik, batu yang licin, kunang-kunang yang bercahaya, udara yang dingin, pohon dan tumbuhan di sepanjang perjalan mulai menemani kami.
ya ampun, kerasa banged naiknya, akhirnya karena kami yang cewek(saya dan pitri) sudah mulai sesak nafas, kami berhenti, meluruskan kaki, mengatur nafas sebentar, begitu yang terjadi saat istirahat-istirahat selanjutnya >.<

akhirnya para lelaki pun mau tidak mau mengikuti kami untuk beristirahat, (ya iyalah.. masak yang cewek berhenti yang cowok jalan terus).. itu namanya LELAKI YANG bertanggung jawab.hahahhaha XD

oke, bisa disimpulkan kami sering berhenti untuk beristirahat.. saat istrihat, kami pun sambil ngobrol, bercandaan, makan mie sedap(belum matang, hanya ditambahi bumbu), minum.
ada banyak yang kita obrolin : mulai dari menanyakan kurang berapa lama lagi sampai di pos 2(tempat camping nanti) jawabnya tinggal belok kanan dan kiri( DAN EMANG BENER BELOM CUMA ADA 2 , KANAN DAN KIRI, hufff T^T ), obrolin tentang kampus, aryapaloma, dkk …
hahahahah, ngakak gila daaah… ngalur ngidul pokoknya !

bisa disimpulkan juga kalau berhentinya lebih lama daripada jalannya, jadi sekitar 10 menit kami berjalan, 15 menit kami duduk2 di tengah hutan untuk istirahat… hahhhha,XD
oke, ada saat tempat dimana kami berisirahat itu KEREN BANGED…  lampu kota dari atas gunung yang berwarna-warni keliatan INDAH BANGED ! Pertama kali liat beginian, dan melihat ini hati saya sangad senang dan jiwa saya
rasanya terbang… :)))
mungkin saat itu kami berada di atas 3-3,5 KM di atas permukaan laut !
yang ada dibenak saya saat itu satu penyesalan : Bukan ! Bukan penyesalan karena ikut hiking bareng teman2 MAPALA, melainkan karena tidak membawa kamera poket untuk memfoto pemandangan yang sebegitu bagusnya! SUMPAHHH..

oke kamipun melanjutkan perjalanan, rasanya kaki saya saat itu sudah tidak bisa merasakan apa-apa karena dari mulai paha sampai kelingkin kaki yang ada cuma rasa “PEGEL”..
hemm, setelah melalui itu.. kami pun sampai di pos 2(sudah mencapai kata puluh belokkan untuk sampai di pos 2) ! well, jam berapa saat itu ??? JAM 2 MALAM… jadi bisa disimplakan untuk pendakian kali ini membutuhkan waktu KURANG LEBIH 6 JAM..
SUNGGUH, teramat bersejarah dalam hidup saya dan mb ayu saat itu !
hemm, mb ayu mungkin sudah ada di pos 2 dari jam 1, karena dia jalan duluan bersama ms ned, fajar, ms aris.. gila , mb ayu kuat bener.. hehehhe 🙂

oke, sampai di pos dua sudah ada satu tenda berdiri, dan itu untuk tenda cewek !
kamipun (saya, mb ayu, pitri) merapikan barang-barang kami, agar tidak berantakan…dan tenda ini layak untuk dibuat tidur !
pukul 3 pagi kami pun tidur, dan karena baru tidur jam segitu kamipun baru bangun jam 8 ! lumayan lah..
dan itu artinya, saya terlambat untuk sholat subuh.. hemm…maafakan saya Tuhan, dan saya pun sholat ditenda dengan sebisa gerakan saya…!

okee, SUNRISE di pagihari di pos 2 sebuah gunung di JAWATIMUR ini keren banged !
Ya Allah, saya hanya bisa berdecak kagum dan berucap SUBHANALLAH..
tapi matahari pagi itu tidak lama mengangatkan tubuh kami saat itu, sekitar setengah sampai satujam.. kabut pun naik ke gunung, tebel banged !
pandangan mata terbatas hanya 2 meteran …
oke, setelah kabut hilang…kami (pram, andromeda,saya,mb ayu, ms rolland, handi, ms surur) naik ke atas bukit di tas pos 2 ! dan melihat pemandanga yang begitu CANTI LUAR BIASA… the best view i ever seen !
dan kami pun berfoto-foto..

o iya, tidak ada toilet disana, ada sih.. tapi itu buat cowok kayaknya, dan kami (yang cewek) lebih prefer untuk meletakkan toilet di sebuah sungai kecil , heheheh XD

makan pagi pertama dibuka dengan memasak nasi, tempe, ikan asin, dan sambal pedas ! apapun kami makan, namanya juga anak PA.. hehehe :))
yaaa, sekalipun nasi nya waktu itu kurang matang ! tidak apa2, yang penting perut terisi… okelah kalau begitu ^^

setelah makan, ada beberapa teman yang pulang duluan karena berbagai alasan (ms ned, joe, pitri, getar, pram, 2 teman hehok, bhepe)…
dan sebelum mereka pulang pun kami sempat berfoto bersama..

 

setelah mereka pulang kamipun lebih menata tenda, ada 4 tenda saat itu.. dan tenda saya pun pindah ke tenda yang lebih kecil, karena hanya tinggal saya beserta mb ayu ceweknya..
huahhhhh, udara disana saat pagi dan siang tidak ada bedanya , sama-sama dingin..kabut selalu setia menemani hari-hari kami entah itu malam,siang,maupun pagi !
okeeee, sorenya hujan menemani kami sangat deras, saya dan mb ayu pun menghangatkan diri di tenda, sambil tidur-tiduran…
setengah jam, hujan belum berhenti dan SAAT ITU kami pun sadar kalau TENDA KAMI BOCOR.. ohhhh, SIGH !! >.<
lama kelamaan hujan menetes dari kanan kiri atas tenda, dan membuat tenda banjir !! SIALLL.. wkwkwkkw.. (> yang ini juga pengalaman pertama..)
hufff, mungkin tinggal ditambah dayung tenda kami pun bisa jadi perahu…. 😀

karena banjir, kamipun hanya bisa menyelamatkan benda yang ada di tenda sebisa kami.. dan daripada kehujanan, saya dan mb ayu memutuskan keluar daritenda sambil memakai jas hujan untuk berteduh di gubuk kecil di pos 2 !
hemmm, tak disangka tidak hanya tenda kami saja yang basah , ternyata di gubuk itu sudah ada ms ilham, fajar, dan 2 lagi saya lupa….
yang hanya dipikiran saya saat itu hanya ,bagaimana keadaan barang-barang  di tenda.?? .. bisa GILA kalau basah, karena pakaian, makanan, ada di dalam tas !

setelah hujan reda,saya dan mb ayu kembali ke tenda sambil menguras air yang ada tenda, persis seperti korban banjir di ibu kota ! kasian benar kami T.T
mulai ada beberapa baju yang di korbankan untuk mengeringkan tenda itu !

okeee, sleeping bag mb ayu jadi basah total gara-gara tragedi banjir itu, karena dinginnya nggak nguati, sleeping bag saya, saya pinjamkan ke mb ayu ! dan saya berusaha untuk meminjam sleeping bag yang cowok,
akhirnya saya dipinjami oleh ms ilham (hueheheh, anyway, thanks ms..)..
oke, waktu sudah menunjukkan pukul 19.00 , saya dan mbak ayupun tertidur lelap…
SIAL, tenyata saat tidur itupun setengah jam-an hujan lagi tapi tidak terlalu deras… WEW, TENDA SAYA BANJIR LAGI.. tapi tidak terlalu parah.. hanya menggenang di bagian pojok-pojok tenda, !
huff T.T, pasrah deh…

bangun-bangun, saya membuka tenda,, dan bertanya pada orang diluar tenda, mungkin saking nyenyaknya tidur kami, saya kira itu sudah menununjukkan pukul 5 pagi, TAPI TERNYATA ini masih jam 11 MALAM.. oh maimennnnnnnnnnnn . lama bener paginya ! >.<
saya dan mb ayu keluar untuk menghangatkan tubuh di api unggun yang sudah dibuat,  …. berasa di tipi-tipi dahhh XD

setelah api unggun mulai kecil, kami pun masuk tenda untuk tidur lagi ! dan hanya tinggal ms aris yang tertinggal untuk menikmati sisa api unggun itu :))
karena saya dan mb ayu sudah tidur tadi, dan belum ada rasa kantuk, kamipun bernyanyi untuk menghibur tubuh yang mengigil kedingan ini, (lumayan C02 sisa pernafasan bisa menghangatkan isi tenda, hehehhe)

pagi menjelang… hari ke tiga :
SUNRISE again ,saya pun gembira ditambah PEMANDANGAN yang makin menyejukkan mata…
kami pun mulai memasak nasi, sarden, samabal, dan ikan teri !
it’s time to eat.. yummmyyy ^^

ohhh men,, setelah makan selesai, HUJAN mengguyur lagi dengan derasnya T.T, mungkin sudah tau keadaan tenda saya, jadi saya tidak usah bercerita !
kembali berteduh di gubuk bersama mb ayu,ms aris,ms haryono,hehok,fajar,ms simon…
dan yang hanya di benak saya saat itu hanya “GIMANA BISA PULANG KALAU HUJAN SEBEGINI DERASNYA”
….. udah gitu ms aris , ms ilham terus berkata : “GIMANA KALAU PULANG BESOK ?? “..
ohhh , saya dan mb ayu hanya tersenyum kecut dan NO KOMEN . >.<
hujan pun mereda, sebelum hujan lagi, kami pun merapaikan barang-barang untuk packing pulang..

sebelum pulang atau turun, kamipun sempat berfoto, tapi sayang hanya ada di kamera hp ms ilham..
ya sudah…. T^T

sepanjang perjalan turun sebelum pos 1, saya dilewatkan di hutan belantara yang penuh tanah liat, pohon berduri, oleh fajar dan ms aris.. hanya ada kicauan burung dan gemercik air terjun yang terdengar ! karena ini benar-benar DI HUTAN…
sumpah, gimana rasanya .. nggak bisa diceritain, antara pegel,seneng,kaget,kagum.. gitulah !
dan waktu turun hanya memakan waktu 3 jam-an…
melewati hutan belantara itu SANGAT TIDAK TERLUPAKAN… celana udah tidak seperti celana, melainkan lebih mirip pel-pel an karena di pakai untuk membabat hutan, kaki sudah sangat BELUMPUR !
huaaaaaaaa… KEREN, jalan yang curam, naik sampai terpeleset-peleset, dan sebagainya !

huff , setelah menempuh perjalan panjang, sampailah di pos 1 ! di pos 1 juga terdapat warung, kami pun istirahat dan membeli jajanan goreng ibu itu, dan membersihkan kaki di sumber air , ibu itu :))

setelah setengah sampai 1 jam-an, sampailah ke tempat semula , tempat perijinan.. ALHAMDULILLAH, sampai juga…
hufff >.<

pertanyaan2 yang terlontar :
*KAPOK                             ???  sama sekali NGGAK
*SENENG                          ???  SENENG BANGED
*PENGEN LAGI            ???  PENGEN

setelah itu kami pun kembali ke surabaya, yang memakan waktu kurang lebih 2-3 jam-an….

OKE, terimakasih banyak kepada :
KETUA MAPALA (Fajar) , Ms aris, Ms Haryono.. atas HUTAN BELANTARANYA.
hehok,ms simon,ms surur,ms ilham, ms dwi,andromeda,ms rolland..dan semua pihak yang ikut serta 🙂

POIN TERPENTING ::::: kalau mendaki gunung, pakailah kata begini “STERIL” untuk setiap makanan yang tersedia :))
DAN untuk menghibur diri, gunakanlah syair Anang Hermansyah “TAPI TAK BEGINI..” :))
KALAU BEGINI RASANYA NAIK GUNUNG, Saya nggak sms fajar lagi deh, untuk dibawa ke puncak.. ahahha, jadi pasrah saja 😀
untuk saat ini, disimpulkan untuk berjalan samapai ke puncak, saya belum Mampu, tapi KEINGINAN ITU MASIH ADA DAN TETAP ADA.. entah kapan bisa terwujud  entah dengan gunung yang sama atau gunung yang lain dan Semoga :))*UNFORGETABLE MOMENT in MY LIFE*
THANKS vo ALL…. cheers :))> maav kalau kepanjangan, tapi inilah yang saya rasakan…

 
*dengan melihat alam yang bebas dan sebegitu indahnya, dapat melihat Sang Pencipta itu semua *
Advertisements

11 thoughts on “Hiking to Mt.Arjuna

  1. Pingback: akhir tahun~ « sylvia's note

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s