West Java ! i’m in Love ♥

okee ! perjalanan bolang dimulai.. perlu diketahui,
saya dan mb Ayu benar-benar BUTA akan Bandung dan Jawa Barat!
Kita Cuma berbekal ini .. Liburan ala backpacker dimulai….

penuh persiapan ! haha.. gimana enggak,
untuk memastikan kereta ekonomi jurusan Surabaya Bandung benar-benar ada,
kamipun melakukan pengecekan ke Stasiun Gubeng dan Turi ,
dalam hati (kok ada ya ekonomi jurusan jauh begini).!
Well, akhirnya kami benar-benar PERCAYA kalau itu kereta emang ada !
namanya PASUNDAN.. hahah, sunda banged namanya. Okeee ! HARGANYA ??
jangan di tanya ! Murah kok, untuk jarak sebegitu jauhnya … 38 ribu, yah..
TIGA PULUH DELAPAN RIBU ! wkwkwkwk.. FASILITASNYA ??
ini ceritanya… oke, setelah kami benar-benar yakin itu kereta ada,
kamipun memutuskan untuk membeli tiket pada hari H saja !
tanggal 1 Februari 2010..
lumayan ngantri untuk dapet itu tiket, dari rumah mb ayu,
kami berangkat pukul 04.30 PAGI !
karena jadwal kereta berangkat pukul 06.00 PAGI..
yyaaaa, kami rela berangkat jam segitu karena kami takut,
tidak kebagian tempat duduk ! pikiran saya sudah melayang kemana-mana,
bayangin kalau kami dapat tempat duduk di atas gerbong,
kayak yang di TV-TV waktu arus mudik lebaran !
serem kan kalo duduk disitu. >.<
Tiketpun terbeli dengan harga 72 RIBU untuk 2 orang,
saya benar-benar membayangkan perjalanan berangkat ini begitu INDAH ! tapi ternyata…

emang indah kok !

SEMUA ITU TERBAYAR setelah sampai BANDUNG….

ok ! di tiket tertulis gerbong 5, tempat duduk 9A & 9B ..
ahhh, awalnya saya berpikir, untuk menghemat energi,
saya sudah berencana untuk TIDUR di kereta !
tapi ternyata.. well.
suara TOA stasiun duah berbunyi “Perhatian-perhatian, hati-hati jalur 1,
kereta api PASUNDAN dari arah Barat akan segera datang”..
dalam hati > horeeee! datang ! akhirnya.. BANDUNG, i’m coming..
Kami pun segera mencari gerbong 5, dan belum masuk aja firasat udah nggak enak !
dan benar.. TARAAAAAAAAAAAA……
tak sesuai dengan yang diharapkan, kursi empuk, bau wangi, dan lain-lain..
untung nggak ada binatang ternak yang dinaikkan di gerbong kami !! 😦 ,
hahahaha okelahhh, 38ribu sudah didepan mata…
mari mengatur nafas, bayangkan ini kereta EXCECUTIVE !
hanya BAYANGKAN !
hahahaha…. kenapa pengalaman PERTAMA saya naik kereta,
tidak begitu indah ???
tapi tak apalah…
dan yang ini saya baru tau,
saya dan mb ayu mendapat kursi yang arahnya berlawanan dengan laju kereta !
yang ada di otak saya waktu itu “KOK NGGAK PUSING yaaaa?? padahal hadep belakang ??” hahahaha…
Sumpah, saya merasa bego’ kuadrat .LOL !!
Dan hidup ini begitu lengkap ketika yang duduk berhadapan dengan kami adalah
2 orang bapak-bapak, dan disebelah bapak-bapak ini ada temennya bapak itu tadi,
yang suka tanya-tanya nggak jelas ! T^T ‘sungguh luar biasa,
kereta ini’ berhenti di setiap stasiun,
sekalipun stasiun kecil 😦 .. sudah gitu, jalannya lambat sekali !
o iyaaa, ada yang saya kagumi dari pekerjaan seseorang di stasiun,
saya tidak tahu namanya apa ! yang jelas,
di stasiun orang ini bertugas untuk meniup peluit kemudian mengangkat plang berwarna hijau,
yang artinya kereta yang berhenti di stasiun itu boleh berjalan kembali !
hebat aja keliatannya, karena secara tidak langsung,
dia yang mengatur jalannya kerta api agar tidak terjadi kecelakaan.. hehehe 🙂
2 jam pertama, biasa saja…
2 jam kemudian,
mulai banyak orang berjualan yang menawarkan berbagai dagangan
NGGAK KALAH sama PASAR KAGET !!
ada orang jualan baju, pop mie, kopi , sabuk, buanyak pokoknya…
ada juga pengamen, mulai dari yang lelaki sesungguhnya sampai perempuan jadi-jadian..
astaganagabonar ! >.<
ada juga orang yang membawa sapu dan membersihkan sela-sela kursi penumpang,
kemudian meminta imbalan ! ini nii yang tidak saya suka,
waktu itu sudah sampai Kertosono (kalau nggak salah),
nahh karena saya capek saya tidur.. dan sudah mimpi sampai negeri Paris !
tapi tiba-tiba ada orang yang mendorong-dorong kaki saya !
groarrrr >.< dan orang itu meminta uang karena sudah menyapu sela-sela kursi kami !
“WEW.. gue gak minta disapu” batin saya…. udah gitu karena bapak-bapak didepan saya tidak ada uang receh,
mas-mas itu maksa minta sebatang dua batang rokok.. benar-benar manusia ini !
yang seperti itu jangan kaget kalau naik kereta ekonomi !
namanya ekonomi, jadi berprinsip, siapa saja boleh naik…
Sudah sampai Jogja, ada hasrat ingin ke Toilet !
tapi saya tidak tega melihat toiletnya T.T, benar-benar mengenaskan….
akhirnya saya tahan sampai Bandung :(, hehehe.
Bagaimana dengan sholat ?
yang ini saya juga baru tahu, sebelum berangkat saya cari informasi,
gimana sholat dikereta itu ! jawabannya , ya mengikuti jalur kereta,
jadi kasarannya nggak peduli mana Barat ! hehehe.. tu kan,
betapa Allah memberi kemudahan untuk hambaNya berkomunikasi padaNya.
dan sampai Jogja itu pun, ada seorang bapak-bapak yang tiba-tiba ndusel minta duduk disebalah kami,
tampangnya sih baik-baik, tapi yang bikin nggak betah adalah..
kursi kami ini cuma untuk kapasitas 2 orang,
ditambah bapak-bapak itu.. arrghhh >.< sudah mulai suntuk,
disetiap stasiun berhenti, kalau berhenti penggap dan panas nya minta ampun..
huffff, benar-benar tidak terlupakan T.T kursi yang kosong yang ditinggalkan penumpang,
cepat sekali berganti dengan penumpang lain !
intinya siapa cepat dia dapat, di kereta ekonomi inilah lebih terlihat masyarakat Indonesia,
ada juga seorang bapak-bapak yang rela mengalah tempat duduknya
untuk seorang ibu-ibu yang menggendong anaknya !
memang seharusnya seperti itukan !? *senyum lebar* dengan konsep itu,
sampai di stasiun ciamis kursi didepan kami kosong dan tergantikan dengan 3 orang remaja !
TARAAAAAAAA..
itulah teman baru kami, kalau nggak salah inget ,
mereka dulu yang tanya, kita anggap ms.X,
ms.X : dari mana ?
mb.ayu : Surabaya (:
ms.X : cuma berdua ?
mb.ayu : iya!
okeee, dari situ kami tau , kalau ini orang bandung, logatnya sunda !
lama-lama, 3 orang depan kami ini becanda-bacanda nggak jelas sampai ketawa-ketawa sendiri..
entah apa yang mereka bercandain,
karena kami (didepannya), bagai mahluk alien yang datang ditengah-tengah mereka,
tanpa tahu mereka memekai bahasa apa untuk berbicara..
mungkin karena logatnya yang lucu, kami berdua jadi ikut ketawa.
WKWKKWKWKWK Akhirnya kami kenalan,
dari situ saya tahu nama mereka , ada Tama, Oppik, Uchok, Gilang, Edwin…
dari situ perbincangan kami mulai akrab,
yang aktif bicara siih cuma si Gilang sama Tama,
mereka berdua ini juga yang suka ketawa dan bercandaan nggak jelas, ahahha..
*hei boi masi ingat yang kalian bercandain ?? Semua kata kalian tambah dengan kata ’ekek’,
wkwkwkwkwk ternyata mereka ber5 ini juga habis berlibur dari Jogja,
karena mereka juga sedang libur, mereka kuliah di UNIKOM (:
*tiba-tiba saya ingat Icho, teman saya SMA yang juga kuliah di UNIKOM (:
welll, banyak yang kita bicarain dan setelah berbincang-bincang dan
merasakan lama sekali sampai di KIARA CONDONG (stasiun terakhir Pasundan),
OIYA,, entah sampai dimana saat itu, LAMPU di gerbong kami mati !
>.< ohhhh, sudah lengkaplah ‘FASILITAS’ kereta ini,
ditambah lagi ada mogoknya !!
hahahaha… kata teman-teman baru kami,
3 stasiun lagi baru nyampai di kiaracondong, dan karena sampai di Bandung malam,
jadi sampai di Bandung kira-kira jam setengah sebelas malam…
kamipun tidak tahu harus kemana setelah samapi di Stasiun ini >.<
*Dikereta = jam 6 pagi-jam 10 malam = 16 JAM (:
dengan baik hati, Uchok, Tama,Gilang mengantar kami ke sebuah penginapan di Bandung…
Entah jampi-jampi apa yang mereka kenakan, sehingga kami percaya pada 3 orang ini,
padahal orang baru, tampangnya sih baik-baik ! ahahahaha..
Tapi BENER , setelah tahu, mereka BUAIIIK kok 😀 ..
kamipun mendapat penginapan yang nggak jauh dari refrensi buku ,
di dekat BIP , Gelanggang Sarana Muda…
permalam dikenakan biaya 125 ribu, dengan fasilitas TV,Toilet, Bed besar, lemari yang ‘rusak’.. uffff 😦
Senin pagi datang, karena masih lelah, kami putuskan ..
Hari ke-1 :
dari bangun, kami memutuskan untuk keliling-keliling Bandung aja !
Naik apa ? Ya jelas naik angkot !!
ini nih, yang saya tidak suka..
sekalipun saya sudah berbekal rute angkot Bandung (hasil search dari internet) ,
ya tetap aja Bandung menjebak !
Gimana nggak ??? WARNA ANGKOTNYA RATA-RATA HIJAU SEMUA…. OMG !!
yang membedakan Cuma sedkiit strip lain dibawah wana hijau !SEDIKIT
Belum lagi, jalan di Bandung itu(gimana ya neranginnya)..
hemm, jadi misal saya sedang di jln. Aceh,
nah belok kanan itu nama jalannya udah lain, belok kiri juga !
PADAHAL jln. Aceh ini nggak panjang-panjang amat…
Mau nggak mau, tanya sana sini, sebelum naik tanya dulu sama supir angkotnya,
tanya sama pak polisi, orang sekitar, tukang ojek !
dan dari sini, meskipun belum sehari kami di Bandung,
kami bisa menyimpulkan orang Bandung itu ramah-ramah !
Iya ! Ramah-ramah…  meskipun tampangnya ada yang sedikit “sanggar”,
kalau mereka udah ngomong sunda ! deuh.. halus banged !
ajarin saya dong.. hahahaha , untuk ongkos angkot, itu relatif !
tergantung jarak jauh dekatnya.
Muter kemana aja ?? daerah Dago dan sekitarnya, cuci mata di CIHAMPLAS (pusat jeans),
main-main ke ITB,gedung Sashana Ganesha (waktu itu lagi ada audisi Indonesia Idol,
jadi mojang-mojang Bandung lagi tumpah disini)..
oiya, ada yang tidak saya suka ! apa ??
hemmm.. waktu saya mau ke ITB ! kan naik angkot tuh,
dan sebelumnya saya tanya dulu sama supir angkot,
bener nggak ni angkotnya ! beginilah percakapan saya dan bapak supir angkot …
Saya : “pak, ini angkot ke ITB kan ? ”
Bapak supir : “iya ! mangga atuh neng…(dengan wajah mempercayakan)”
Saya : “oke ! tolong turunkan kami di ITB ya , pak ! ”
Bapak : “sok atuh..”
Lama, 20 menit berlalu.. kok firasat saya nggak enak ya ! dan..
Bapak : “Neng, ini udah di ITB, jalan sedikit kesitu ! ”
Oke ! kami turun… .. dan ketika saya berjalan saya menemukan plang bertuliskan
“UNIVERSITAS PADJAJARAN 1 M lagi !” !!!
WEWWWWWW.. pakkkkk supirrrr !
kembalikan uang kamiiiiiiiii !!! >.<
ahhhhhhhhhhhh Yayayaya, anggep aja muter-muter bandung !ANGGAP !!
nyari angkot lagi buat ke ITB !
kali ini kami harus lebih hati-hati dengan jawaban supir angkot !!! hahahahaha..
Sampai di ITB, kita mampir ke lapangan sashana ganesha (lapangan olahraga yang juga merupakan fasilitas mahasiswanya) lapangan sashana ITB
Luar biasa lapangan ini ! selain untuk mahasiswa ITB sendiri, ini juga untuk umum !
ada lapangan basket, futsal, tennis, badminton, jogging…ckckckckck 
Udah dari situ , kita langsung jalan-jalan ke Cihamplas, masih dengan angkot !
sederatan toko rata-rata jualan CELANA JEANS ! harganya murah ! dibanding Surabaya…
Jam udah menunjukkan pukul 11 ! kamipun kembali ke Penginapan!
karena jam 1 harus udah checkout…
yang ada dalam otak kami sekarang adalah : TIDUR DIMANA NANTI MALAM.. ??
secara , 125 itu MAHAL ! ahahahah.. kalau tidur di HOTEL mah, apa serunya !?
~” Betul mb. Ayu ????” hehehhe…
Oke ! ada ide bagus dari Tama! Tas ransel kami,
kami titipkan pada teman baru kami ! sehingga ,
kalau kamipun jalan-jalan , nggak perlu repot bawa tas-tas itu !
kamipun menghubungi mereka , mereka pun WELCOME !!!
terimakasih….. jam 1 kamipun checkout dari penginapan ini,
langsung ke kos si Uchok, naik angkot jurusan Dago , turun di pasar lama,
naik angkot lagi jurusan Dipati Ukur ! tidak mudah menemukan kos mereka !
dan kembali KAMI NYASAR.. hahahah, nggak tau waktu itu dimana !
ada masjid, kami istirahat disitu sambil tanya-tanya, ketemu !
naik angkot lagi….hahahah. HOW A COMPLICATED day ?
Oke ! sampai.. kamipun beristirahat sejenak !
kalau tidak salah, sampainya sore ! sambil ngobrol-ngobrol ,
kami berencana untuk ke Bukit Bintang ! Mereka yang ngajakdan kita juga mau !
hahaha berangkat dari kos mereka jam setengah 9 dengan cuaca sedikit mendung !
Letak Bukit Bintang ini ada di Dago atas,
dan menempuh waktu sekitar 10-15 menit untuk sampai sana !
dengan jalan yang menanjak, namanya juga ke bukit !
Sampai disana, mungkin karena mendung bintang nggak terlihat,
yang bisa terlihat hanya aneka lampu kota Bandung yang mewarnai indahnya malam itu !

BB ! i'm in love :p

Sumpah ! indah banged lampu-lampu itu !

BB(again)

Puas dari situ, kami memutuskan pulang !
Waktu menunjukkan pukul setengah sebelas malam(kalau nggak salah ingat !) ,
yang kami pikirkan adalah > TIDUR dimana mala ini (lagi) ? Cari penginapan ??
Nggak mungkin, karena…..
Ya udah, karena yang boncengin kita (Tama dan Oppik) juga binggung,
mau nurunin kita dimana ! Akhirnya mereka punya ide untuk membawa kami ke kos Uchok (kali ini,) !
Ya sudah, malam itu kami bermalam disana ! Thanks guys , ♥
Hari ke 2 :
Rencana hari ini mau ke Lembang !
maunya sih ke Boscha , tapi…. Dari kos kami berangkat pukul 8 pagi,
sebelum ke lembang, kita berencana ke pasar Baru,
yang terletak dijalan OttoIskandarDinata atau yang lebih dikenal dengan nama Otista !,
cuci mata , belanja oleh-oleh dikitlah…
dari situ kami menuju ke Lambang menggunakan angkutan umum (kayak elf),
jurusan Bandung-Lembang . ! naik angkot ini murah kok, sekitar 7000 per orang !
Kami memilih duduk depan (dekat supir), karena ‘kebutaan’ kami !
Sambil tanya-tanya pada pak sopir ,
diperoleh hasil kalau BOSCHA ternyata tidak dibuka untuk umum dan
hanya dibuka pada waktu-waktu tertentu, boleh kalau
1. Memakai seragam sekolah
2. Membawa surat dari institusi tertentu
Lha kita ??? Mau pake seragam apa ?? SMA ???
huff T.T, bawa surat apa ?? NOL besar !
Akhirnya atas saran Pak Supir, kami pergi ke Ciater !
“disana ada pemandian air panas Sariater, neng.. enak benged tempatnya [!] ”
Ya sudah, atas saran itu.. kami turun di Lembang, naik angkot lagi menuju Ciater !
Perjalan ke Ciater sangat tidak mengecewakan,
di iringi hujan kecil mata saya dimanjakan oleh hijau-hijau disebelah kanan dan kiri,
ada Pegunungan, bukit, kebun teh, kebun Strowberry dan sedikit melewati hutan !
OMG.. indah banged ! Andaikan Surabaya kayak gini.. 😀

otw to ciater

otw to ciater1

Sampe di Ciater, hawa pegunungan sejuk banged !
Tiket masuk kesana seharga 16000 per orang !
Sebenarnya banyak fasilitas disana,
tapi karena sampai sana sore dan kita belum sholat ashar..
yang kita tuju ya air panasnya !
Jadi kolam air panas nya ada banyak, ada yang berupa air terjun ,
kolam renang biasa, kolam rendam, kolam yang ada batu-batunya..
kita coba deh satu-satu !
hehehe  ASLI ! airnya panas banged ! itu Cuma pertamanya sih ! s
elanjutnya hangat, pas dan enak banged di badan.. hehehhe  Setalah puas main air dan merendam badan ..
Karena waktu udah mau jam 5, kita pun udahan dan segera bilas untuk ganti baju !
Setelah itu menuju musholla untuk menunaikan sholat dhuhur dan ashar (jamak takhir),
well..waktu udah nunjukin sore dan mau magrib …
kitapun segera tanya orang sekitar ,
kira-kira sebelah mana rumah warga sekitar yang kamarnya bisa disewa untuk menginap !
setelah berusaha cari, hasilnya NOL.
Well… nasip kita saat itu adalah, tidur di masjid Jami’ ,masjid di Sariater .
Ya Sudah, apa mau dikata, magrib dan isya’pun berlalu…
Ketika kami hendak memejamkan mata, kami lupa kalau kami belum ijin , t
akmir masjidnya dan saat itu ada petugas yang mendatangi kita,
waktu itu ni bapak datang menunjukkan mimik wajah mau ngusir, OMG, gimana nasib kita.. tapi ternyata , terjadilah dialog seperti ini :
Bpk petugas : Permisi dek ! Sedang apa jam segini masih disini ?
Kita : Emmmmmm, emmm, gini pak ! sebenarnya kita mau cari penginapan rumah warga dekat sini,
tapi tadi udah tanya-tanya katanya nggak ada ! jadi intinya, kita mau nginep sini (dalam hati, Ya Allah, semoga bapak ini ngebolehin)
Bpk.petugas : dari mana ?
Kita : Surabaya !
Bpk.petugas : Cuma berdua ??? Kita : iya !
Bpk.petugas : (sambil geleng-geleng kepala) ! wahh .. bonek !
Saya dalam hati : mari kita hitung, sudah berapa orang yang setiap mereka ajak ngobrol dan
kita jawab ! “iya Cuma berdua “ , kemudian respon mereka , mengatai kita “bonek”..
Bpk.petugas : ooo, gitu.. bisa minta KTP nya ?? (sambil basa-basi),
sebentar ya, KTP nya saya tahan dulu , saya bawa ke kantor !
Kemudian bapak itupun keluar dari masjid sambil membawa KTP saya dan mb Ayu !
20 menit kemudian bapak itu muncul lagi dengan muka sedikit gimana gitu..
Saya (dalam hati) : mampus ! nii orang kayaknya bakal ngusir ! Ohhhh, >.<
Bpk.petugas : begini dek ! ini hasil keputusan lapangan !
kalian berdua nggakpapa tidur disini, tapi sebelum adzan subuh kalian sudah harus bangun !
ini KTP nya besok pagi, sebelum keluar dari sini, di ambil di pos security di dekat parkir mobil !
“Gini aja, apa kalian tidur di mess ?” tanya bapak itu kemudian !
Kami : tidak pak, terimakasih , kami tidur disini saja….
Huffffffffffffffffff ,AKHIRNYA KITA nggak diusir..
YEY ! tapi kegelisahan belum sampai disitu.. ternyata itu tadi satpam yang lagi ngecek sekitar,
buat mastiin kalau tidak ada orang lagi di pemandian air panas bagian bawah !
30 menit kemudian…  Seorang bapak-bapak memakai kupyah datang menghampiri kita ..
Bapak : assalamualaikum
Kami : waalaikumsalam
Bapak : permisi dek ! katanya tadi mau nginep disini ya ?
Saya dalam hati : weladalah, apalagi ini !?? @.@
Bapak : keputusan lapangan, kalian diijinkan untuk tidur disini,
karena sudah malam dan tidak dapat penginapan ya ??
Saya : iya pak !
Bapak : Baik, silahakan isi buku tamu ini… Disini dingin ,
lebih baik kalian di kantor saja (kantor takmir masjid, red)
Kami : tidak usah, pak ! disini saja (: Bapak itu kemudian pergi sebentar !
dan alangkah terkejutnya kami, ketika membuka buku itu ..
HUAHHAHAHAHHAHAHA,
kita jadi pengisi PERTAMA. ekwkwkwkwkwkwkkw Huahahhahahahah,
mesem-mesem gila waktu tu bapak nggak ada ! hahahahahaha… .
Dan ketika bapak itu kembali, bapak itu membawa..
be the 1st
Anugrah ! Kita dikasi minum dan dipenjemi sleeping bag..
Alhamdulillah ! tahukah ??
waktu itu tak ada toko disitu, adanya toko souvenir !
kita pun nggak bawa minum ataupun makan ! samasekali!!
karena nggak nyangka akhirnya bakal gini… >.<
Tapi apa ?? ALLAH MAHA MENDENGAR..
kita diberi minum ! hihihi XP Belum lagi, tu bapak nawarin makan malam, hahahahahah….
Tidak pak, kami cukup tahu diri,
syukur-syukur dikasi ijin bermalam disini ..
dalam hati, hehehhe Akhirnya kami bisa tidur dengan nyenyak !
Sering kebangun sih, dan waktu kebangun kalau nggak salah pukul setengah satu malam,
dan tahukah apa yang saya lihat ??? *ketawa dalam hati*,
ternyata ada beberapa orang yang mengikuti jejak kami dengan tidur dimasjid juga,
ada sekitar 5-6 orang perempuan , ada laki nya juga sih, tapi nggak tahu berapa,
Cuma kedengaran suaranya aja lagian ini masjid dikasih hijab !
Oke ! tidur lagi sampai alarm henpon benar-benar membangunkan kami pukul 4 pagi (:,
karena azan subuh pukul 4.30  Setelah sholat subuh dan matahari sudah agak sedkiti tinggi !
kami putuskan, sebelum meninggalakan sariater kami ingin berkeliling sariater !
hehehe.. Sambil menghirup udara segar !
dan ada satu yang benar-benar membuat beban selama kami berjalan-jalan..
Apa itu ? ya ! baju basah yang kami buat basah-basah waktu main air panas kemarin..
huhuhuh T.T, berat banged !
Jam udah nunjukin pukul 7 pagi,
kami segera keluar dari sariater ini meneruskan perjalanan ke KAWAHPUTIH (: Segera kami ke pos security,
untuk mengambil KTP yang ‘disita’ semalam !
tak lupa kami ucapakan terimakasih kepada bapak-bapak security yang telah mengijinkan kami
untuk menginap di sini.. hehe
hehe
HARI ke 3 :
Oke ! kembali naik angkot menuju Bandung !
rencana nya hari ini kami akan mengambil tas yang telah lami kami titipkan pada teman baru kami !
Setelah mengambil tas, kamipun melanjutkan perjalanan ke CIWIDEY,
oiya.. maunya waktu ke ciwidey ni kita rame-rame,
tapi teman baru kami ini tidak bisa karena pulang ke kota masing-masing..
hehehe
*tama,oppik > lain kali ke Kawah Putih bareng yaaaa ! HARUS BISA :p
Dari Bandung, kami naik bis kota untuk menuju terminal leuwi panjang !
dari luewipanjang menuju ke terminal apa saya lupa !
Kemudian dilanjut naik angkot ke Ciwidey ,
sampai di Kawah Putih pukul setengah 4 sore !
karena kelaparan , kami mencari warung penduduk untuk beristirahat dan mengisi perut ,
sambil tanya ke ibu penjual makanan tentang kawah putih ini, (warungnya didepan pintu masuk kawah putih)…
Walhasil , dapat kesimpulan kalau Wisata Kawah Putih ini tutup jam 5 sore ! TTTT___TTTTT Ohhhhh !
yang lebih bikin puyeng adalah tidak adanya
rumah warga yang bisa disewa kamarnya untuk menginap !
Okeee…. Mau tidak mau , mencari penginapan sekelas hotel di daerah ciwidey,
berkat cari tau, tanya sana sini, kami menemukan penginapan ini..

Permalam cukup menguras kantong ! 190000 permalam ,
setelah makan di warun , kami naik angkot untuk turun menuju pondok gembyang ini !
Hari ke 4 :
Goodmorning (: Setelah mandi pagi dan breakfast dengan roti bakar !
kami bersiap-siap untuk menuju ke kawah putih !
JUJUR, dari SEMUA ..
tujuan utama saya ke JAWA BARAT adalah ke kawah putih ini ! 😀
Kenapa ??? RAHASIA..
hehehehhe * Oke ! kami checkout jam 9,
tas yang berat itu kami titipkan resepsionis
dan akan kami ambil kembali setelah dari kawah putih ! YEY ! welcome to.. Untuk masuk ke wisata ini,
perorang dikenakan biaya 12000 .
Dan dari loket karcis untuk sampai kawah putih ,
jalannya nanjak dengan 6 KM !
wew.. padahal saya dan mb ayu saat itu, berencana untuk jalan kaki  !
tapi, setelah tahu kenyataannya begitu !
Enggak deh.. hehehe…. T.T, 6KM!!!!!
Ada transport untuk jalan cepat menuju kesana !
mau pilih, angkot (yang disewa denagn harga 100000 permobil,
dengan kapasitas 11-12 orang, oneway return) atau ojek (25000, only oneway).
dan kami memilih untuk naik angkot yang disewa ramai-ramai oleh pengunjung lain !
jadi 100000 dibagi 9 orang yang kebetulan ada bersama kami,
mereka dari Jakarta dan akan melaksanakan prawedding disana !
it’s awesome.. sayang ,
saya tidak bisa memotret kebahagiaan mereka…
Sampai lah di kawahputih.. Dari foto saya diatas,
jalan sedikit sudah kawah putihnya langsung kok 
Sudah melihat kawah putih,
mata sudah disambut sambil berdecak kagum..
SUBHANALLAH.. inilah kawahputih ! Alhamdulillah, bisa sampai sini juga.. KEREN banged kan ?! hehehehe.. ada yang kurang deh !
kalau main ke Bandung, tapi belum kesini…
hehhehe, katanya warna air bisa ganti , tapi tergantung musim, saat itu di bandung musim hujan ! (:
Sungguh !!! karya Allah begitu besar dan indah (:
Pulang dari kawah putih, kami langsung menuju rumah saudara saya di Tasik ! Tujuan ke Tasik ini, lebih ‘mendekatkan diri’ kepada Green Canyon !
Dari terminal leuwi panjang,
kami mencari bus jurusan Bandung-Pangandaran, dengan biaya 23000 per orang…
Waktu itu jam menunjukkan pukul 5 sore ! Meninggalkan Bandung !

Thanks for everything Bandung…♥♥

Jalan dari Bandung ke Tasik ini benar-benar membuat perut berjoget !
Gimana enggak ?? jalan naik turun, sbentar-sebentar belok kanan ,
tiba-tiba belok kiri ! begitu seterusnya ..
untung saya nggak mabuk darat ! tapi sebelah saya ini .. hahaha, sapa hayo ? 😀
Well, ada saat dimana bus berhenti dirumah makan, untuk beristirahat ..
tapi apalah mau dikata ! Kios ATM tidak ada , uang di dompet tinggal 7000 .
Jadi saya hanya berusaha menahan lapar .. X(
Sampai di rumah saudara, lebih tepatnya tante saya, kira-kira pukul 10 malam.
Setelah itu, kami terlelap dalam mimpi yang indah !
Hari ke 5 :
Istirahat saja karena kondisi badan yang kurang fit !
Inginnya hari ini ke Pangandaran  Untuk seperti ini vitamin diperlukan ..
Jadi jangan lupa bawa vitamin dan obat yang dipelukan yah…
Hari ke 6 :
Yey ! Bangun pagi.. rencana hari ini adalah ke green canyon !
sebelum itu saya dan mbak ayu, muter-muter Tasik naik motor,
padahal kita nggak tahu jalanan di Tasik ! NEKAT !
Dimana Green Canyon itu , terletak di daerah Ciamis, lebih jauh dar Pangandaran…
Berangkat jam 9 dari rumah , dari Tasik kami naik bis kecil menuju kesana,
saya lupa naik jurusan apa ! Jalan menuju kesana seperti jalan Bandung ke Tasik !
Biayanya 25000 perorang..turun di terminal kecil ,
disambut oleh ojek-ojek yang menawarkan jasa untuk mengantarkan ke Green Canyon !
biaya PP 20000 perorang (:
Kira-kira jam 3 sore kami sampai disana !
Untuk menuju green canyon, diperlukan perahu..
ada sewa perahu disana , harganya 75000 per perahu…
umumnya perahu ini disewa 5 orang penumpang,
tapi berhubung waktu kami sampai, tidak ada orang lagi !
Jadilah ini perahu milik kita berdua ! hahahahhaa

Oiya ! ada sedikit kekecewaan, berhubung ini lagi musim hujan…
jadi airnya coklat dan arusnya deras ! 
Padahal kalau lagi musim kemarau !
keren BANGED !
gimana ?
silahkan googling.. 😀 Pulang dari greencanyon !
kami naik angkot ke Pangandaran (lebih dari jam 3 sore ,
tidak ada kendaraan umum langsung menuju Tasik),
jadi dari Green Canyon ke terminal pangandaran dulu,
baru kemudian naik bis besar menuju tasik ! (:
Ngomong masalah angkot !
SANGAT AMAT BERSYUKUR masih kebagian angkot !
gimana enggak , angkot yang kami naikin ini ANGKOT TERAKHIR menuju Pangandaran
untung ! Sampai ke rumah tante jam 10 malam , langsung tepar ! hahahah
Hari ke 7 :
Beres-beres karena harus balik ke Surabaya (LAGI)…
sebelumnya kami sudah dipesankan tiket kereta, Mutiara Selatan yang berangkat dari Tasik jam 8 malam,
dan dijadawalkan akan sampai di Surabaya jam 8 pagi (8 February 2010),,
Dikereta ini isinya tidur melulu, hehehehe… bisa tidur ??
BISA, ini kereta Bisnis. Kenapa milih Bisnis ??
Dengan pertimbangan,
kalau naik ekonomi nggak bisa istirahat karena paginya ,
tanggal 8 kan sudah masuk kuliah ! (:
Oke ! jam 8.10.. WELCOME TO SURABAYA (again)..
Kembali ke rutinitas semula.. dan selamat datang SEMESTER E.M.P.A.T…

Terimakasih kepada :

1. Allah SWT

2. Orang tua yang sudah mengijinkan kami menjadi bolang untuk beberapa hari !

3. Tama, Oppik, Uchok, Imron ~

heiii, boiiiii, TERIMAKASIH BANYAK atas segala bala bantuan

selama di Bandung !

TERIMAKASIH dehhhhh… TIDAK TERLUPA !

kami tunggu kalian di SURABAYA yaaa..

4. Tante Elak ~ terimakasih atas tumpangannya selam di Tasik

5. Icho , ~cho, thanks udah jadi tourguide by sms ! hahahaha

6. Pemkot Bandung !

yang telah membuat perjalanan kami di Bandung tidak telupa dan ‘beda’ !

7. Security di Sariater dan Takmir masjid Jami’ ,

Ya Allah, balsalah kebaikan orang-orang ini,

karena kami sudah di ijinkan menginap.. hehehe

8. Pak Polisi, Sopir angkot,Tukang Ojek,

dan semua orang bandung yang telah ramah..

HEIIIIIII, TERIMAKASIH SEMUAAAAAA>>> TIDAK TERLUPAAA…..

Lebih dari 15 orang ! mengatakan kami berdua Bonek !

hemm.. ada yang salah kalau pergi cuma ber 2 ??

HAHAHHA.. Kenapa ? Tanya Kenapa ?? 🙂

satu lagi ! JANGAN MALU UNTUK MENUNJUKKAN IDENTITAS KITA..

dimanapun kita berada ! Sholat contohnya 😀

Advertisements

18 thoughts on “West Java ! i’m in Love ♥

  1. Ya ampun syl….
    dari dulu aku pengen banget yang kayak kamu lakuin nih, cuman karena waktu yang gak pernah senggang, sampek sekrang belum kesampaian.

    Hmm…., tk kusangka km se”gaul” itu…hehee
    hebat2….habis ini touring ke arah timur aja…:D

    • hemm bagian timur ?? jawa timur ?? hahahha… pingin k NT abis ini :D.. doain aja ms..

      mumpung belum kerja ! saya manfaatkan waktu dengan baikk.. hihihi

  2. hmmm….
    oo berdua ja syl..
    kirain wktu itu anak banyak…kan wktu ktemu d stsiun orang banyak….hmmmkenalan di kerata to…
    hehehe
    siip…syl ceritanya…dah terbaca semua…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s