Dua Dunia Kami –> i ♥ KickAndy

Luar BIASA ,
KICK ANDY ,talk show kebanggaan Metro TV ini,
Mungkin, akan ada banyak yang kamu rasakan , ketika melihat talk show yang apik ini.
Membuat orang banyak belajar,
Membuat orang banyak merenung,
Membuat orang berpikir,
Atas semua kisah-kisah yang telah disajikan.
Dibungkus secara sederhana dan menyentuh setiap pertanyaan dan ucapan narasumbernya,
Meskipun itu berbentuk lelucon sang Pembawa Acara, Andy F Noya.

Malam ini, saya nggak tahu judulnya apa .
Saya terlambat menontonnya,
namun saya bisa “sedikit” berbagi,
apa yang saya dengar,
apa yang saya lihat(melalui TV),
apa yang saya rasakan ketika narasumber menjawab pertanyaan bang Andy,
mungkin detik ketika saya menulis ini,
yang ada di otak saya dan tercetak tebal adalah
“Your Job, is not Your Carrer”
Sebuah judul buku,
Selidik punya selidik, judul talkshow malam itu adalah
DUA DUNIA KAMI !

Jadi begini,
Narasumber malam hari ini adalah,
orang-orang yang mempunyai pekerjaan lebih dari satu
dan dapat mengerjakannya dengan seimbang dan
salah satu / salah dua / salah tiga,
mereka dapat mengerjakan pekerjaan itu dengan “bahagia”,
bukan hanya sebagai tuntutan pekerjaan,
memikirkan uang, dikejar deadline, diperintah bos !

Tengoklah, seorang polwan yang bekerja di Polda Jatim ini, Mama Bonita namanya.
Saya kaget , ketika Bang Andy bertanya “Sebenaranya apa pekerjaan anda yang lain?? ”
Dan ibu Polwan ini menjawab “Badut ! ”
Spontan saya tersenyum .. Kok bisa ??
Ibu polwan ini menjawab yang kurang lebihnya begini

“Saya bisa lebih dekat dengan anak kecil, dan membuat orang tertawa,

karena membuat orang tertawa dan senang itu MULIA .”

Luar biasa. !

Sambil tertawa , ibu itu juga berucap “Mungkin bagi anak-anak saya ini lucu,
tapi mungkin orang dewasa saya ini nggilani” sambil diiringi tawa penonton !

*saya sendiri juga ketawa2, karena saya mikir waktu itu,
ternyata ibu ini lucu juga.
Bertabrakan yaa ? Antara Polwan dan Badut ! BEDA JAUH !
Tapi bukan berarti menjadi polwan tidak disenanginya, begitu katanya.

Narasumber yang berikutnya adalah 3 orang sahabat,
Deddyk Eryanto Nugroho, Justinus Irwin Ardyanto dan Wahyu Nugoroho.
yang 1 berprofesi sebagai editor buku dan penerjamah,
yang satu lagi advokat,
yang satu lagi wartawan atau jurnalis !
Dan ketiganya ini, profesi lainya dalah Pemain Band !
Nama Band mereka Bangku Taman,
*hemm, saya binggung gimana ceritanya*
Yang jelas, dari pertanyaan yang Bang Andy lontarkan ,
kepada mereka, salah satunya

“Pilih mana , antara advokat dan pemain Band ,
karena saya pernah dengar diwaktu anda proses rekaman,
ada client adana yang sedang didalam penjara yang sedang membutuhkan bantuan anda?”

Mas Advokat ini menjawab ,

“Yang saya rasakan band,

ini bersifat kekeluargaan, jadi kedua sahabat saya ini mengerti profesi saya sebagai

advokat dan saya tahu profesi mereka masing2,

dan mungkin hidup dan mati client saya ada ditangan saya.

Jadi ketika saya diberi amanah, saya tidak bisa menyepelekan amanah itu !”

Narasumber berikutnya adalah seorang tukang parkir yang nyambi jadi pemulung juga,
Kachong, begitu sapaan akrabnya.
Dia seorang bapak-bapak yang dengan tujuan mulia hijrah ke Jakarta,
“untuk membiaya ke dua anaknya yang ada di Madura” begitu katanya.
Lantas, apa pekerjaan lainnya ?
Jeng.. Jeng.. Jeng.. Jeng..
Pemain Musik Tradisional dan Guru Tari Tradisional
“Bakat tari saya ini  sudah ada sejak saya masih umur 5 tahun, bang Andy” begitu katanya.
Yang saya lebih kaget lagi,
yang diajair tari ini katanya Adalah orang yang berduit dan orang-orang asing.
Bang Andy bilang ,

“Jadi yang lebih tertarik dengan tarian-tarian tradisonal ini adalah anak-anak orang asing yaa, hemm”


“Lantas, apa anda tidak malu, ketika murid anda, ada yang mengetahui,
kalau gurunya ini adalah seorang tukang parkir dan pemulung”
“Tidak, saya tidak malu !” denga tegas.

“Yang saya ingat disini adalah pesan ibu saya, Jangan pernah mencuri !”

“Asal TIDAK MENCURI ! Pesan itu yang selalu saya ingat !” katanya

“Kalau disuruh memilih, antara pelatih tari dan tukang parkir/pemulung, anda lebih pilih mana ??”
“Pelatih Tari” tegasnya .

Yang saya lihat disini,

bukan hanya profesi dari indivdu yang berbeda,
tapi seperti yang telah saya paparkan diawal,
Bagaimana pekerjaan itu menjadi suatu niat yang mulia,
yang tidak hanya bertujuan duit,
Mungkin itu lah yang dimaksud “Your Job is not Your carrer” 🙂



“Cita-cita atau harapan  untuk menjadi seseorang memang suatu misteri yang kadang sangat sulit untuk diwujudkan. Tidak jarang untuk menuju suatu cita-cita seseorang harus melalui jalan yang berliku dan penuh rintangan. Untuk itu, jika Anda sudah mendapatkan isyarat di hati atau lentera jiwa, Anda bisa mengikutinya”

sumber : Nonton TV dan http://www.kickandy.com

Leave a Reply

