KarimunJawa itu… EKSOTIS ~

Yey . Libur telah tiba, libur telah tiba, hatiku gembira .

Siapkanlah tas ranselmu, buanglah keluh kesahmu, libur telah tiba.

Explore Karimun Jawa. Awalnya emang nggak ada niat ke pulau ini, tapi akibat batalnya saya dan Rahandini Lukita ke Banyuwangi (pingin banged ke kawah Ijen) , jadilah saya googling liburan ini enaknya kemana .

Jadilah Pulau Karimun Jawa sebagai tujuan, tapi tanpa Dini (panggilan Rahandini Lukita).

Menemukan sebuah account twitter milik XPKarimunJawa , akhirnya saya putuskan untuk bergabung bersama mereka. Dengan biaya 475.000 all include, dengan meeting point di pelabuhan Kartini,Jepara. Oiya, kalau ada harga-harga yang saya sebutin dibawah, itu karena saya tanya , jadi kalau udah ikut tour, nggak bayar lagi.

Karena Dini, nggak ikut, saya tahu dari situ saya harus berangkat sendiri untuk bertemu teman yang lain di meeting point di pelabuhan kartini.

Tapi rabu sore sebuah sms masuk , dari Dini : “Ini sms dari mas Yusuf : ‘Sil, kalau kamu mau berangkat, bisa hubungin nomer ini Nasa : 0856XXXXXX, Liska: 0856XXXXXX'”

Dalam hati “luoh, aku nggak jadi berangkat sendiri ! Yey . tapi mereka ini siapa ya ?”

Okelah , berbekal optimis, saya menghubungi Liska (kita panggil mbak ya 😉 ), setelah janjian sana-sini lewat sms. Akhirnya kita janjian buat ngumpul di terminal Bungurasih. Dari situ akhirnya saya punya temen baru , mbak Liska, mas Nassa, dan mas Dodik.

Untuk ke Jepara , kita bisa naik bis Indonesia yang berangkatnya jam 9 malam. Dengan biaya 65.000 (termasuk makan).

Bis Indonesia ini cukup nyaman, untuk ukuran bis malam / patas. Kursi yang empuk, AC yang dingin benar-benar bisa buat orang tidur nyenyak. Berhenti beristirahat sekitar pukul 11.00 untuk makan malam di sebuah tempat peristirahatan bis.

Setelah beristirahat, bis kembali memacu kecepatan. Sampailah kita di kota Jepara pukul 03.30 pagi. Berhubung waktu masih menunjukkan pukul 03.30 pagi, sedangkan meeting point jam 07.00 pagi. Kami putuskan untuk mencari masjid, untuk sekalian sholat shubuh dan bisa merehatkan badan sejenak setelah kurang lebih 6 jam duduk di dalam bis. Masjid  ini letaknya nggak jauh dari terminal, sebelah gedung asrama haji Jepara.  Setelah sholat shubuh, kita putusin buat mencari becak ,karena angkutan umum pagi itu belum ada. Becak dari terminal(masjid) ke pelabuhan berkisar antara 10.000 – 15.000 , tergantung, bisa tawar-menawar atau enggak.

Sampailah kita di pelabuhan, kira-kira jam 5 pagi. Pantai dan pelabuhan kartini ini juga menjadi salah satu objek wisata kota Jepara, karena selain bisa menikmati pemandangan pinggir pantai, disini juga terdapat museum yang berbentuk kura-kura.

Fajar menjelang, dan sunrise di pelabuhan mengawali perjalanan kita ke Karimun Jawa. Jam 6.00 , saya SMS mbak Feri (leader tour) , dan ternyata mbak Feri udah sampai di pelabuhan, namun kita beda warung, makanya nggak ketemu. Indomie goreng pagi itu nampaknya enak untuk disantap sebelum pergi menuju kapal. Dari situ, karena semua peserta tour sudah berkumpul, ada mas Kris dan mas Indra (dari Malang), ada mbak Wahyu dan mas Eros(dari Jogja) , dan ada kita ber empat.

Tiket kapal Feri yang bernama KMP Muria ini harganya sekitar 31.000 per orang untuk kelas ekonomi, bakal beda lagi kalau kita bawa kendaraan, harganya kira-kira sama kayak per-orangan (untuk sepeda motor). Mungkin karena rasa was-was masyarakat , akan musim di Indonesia yang sudah tidak bisa ditebak, makanya waktu kita berangkat kapal ini agak sepi. Beda lagi kalau udah musim liburan, ditambah lagi ombak lau Jawa lagi aman-amannya. Maka Dek kapal, udah kayak pasar dan tidak ada satupun sela satu kursi.

Karena nggak nemuin tempat yang enak buat tidur, mbak feri mengajak saya buat tidur di dek kapal. Sensasinya semriwing kalau orang Jawa bilang, gimana enggak dek kapal kan terbuka, udah gitu angin nya sepoi-sepoi.

Huff, mungkin karena terasa begitu lama, saya yang kira-kira tidur udah sejam-an , masih aja belum sampai. Karena memang penyebrangan membutuhkan waktu kurang lebih 6 jam. Mungkin bagi yang mabuk laut, perjalanan enam 6 jam cukup membuat kepala agak pening karena meski kapal yang berjalan lambat, terjadi goncangan ombak sesekali. Jadi wajib membekali diri dengan obat anti mabuk.

Di kapal saya juga sempet jalan-jalan, mulai ruang nahkoda, dek kapal, sampai lantai dasar kapal(nggak tahu namanya apa, tempat kendaraan, tempat barang-barang semacan sayuran) , dari situ saya tahu kalau semua (sayur, buah, ternak) akan di bawa ke Karimun Jawa.

Sampai di Karimun Jawa kurang lebih pukul 15.00. So,

Selamat datang di Taman Laut Nasional Karimun Jawa.

Dengan menaiki pick up, kita menuju penginapan / homestay. Homestay ini permalam 20.000 tiap orang, kalau termasuk makan 30.000. Karena rasa capek yang luar biasa setelah perjalanan dari kota masing-masing, rundown acara yang pertama adalah istirahat.

Setelah istirahat sejenak, mandi dan beres-beres, mungkin karena ketidaksabaran kita semua menikmati pulau ini, kita putusin sore ini buat jalan-jalan ke dermaga dekat alun-alun, buat lihat sunset. Sore itu kita habiskan di dermaga, sambil menunggu sunset yang datang. Subhanallah, indahnya sunset sore itu.

Adzan magrib pun berkumandang, saya, mbak Liska, mas Nasa, dan mas Dodik memutuskan untuk kembali ke homestay terlebih dahulu. Selesai sholat, makan malam pun tersaji. Menunya ikan dan tempe goreng . Alhamdulillah, nikmat.

Selesai sholat isya’, saya mengajak mbak Feri jalan-jalan ke dermaga(lagi), karena setelah saya lihat dari beranda homestay bintangnya banyak, maka saya putuskan untuk melihat beintang tanpa satupun penghalang(di dermaga).

How a beautiful night. Di iringi deburan ombak yang membentur taing-tiang dermaga, angin yang sepoi-sepoi dan sambil tiduran di kapal yang sedang bersandar, malam itu begitu hening dengan beratapkan langit yang ditemani bulan berbentuk sabit dan ratusan bahkan ribuan bintang (YAKIN. Ini malam kedua terindah saya setelah yang pertama, saya melihat bintang jatuh waktu hiking ke Arjuna, suasana nya hampir sama, cuma bedanya itu di gunung dan ini di pantai). Subhanallah, betul-betul malam yang indah dan membuat saya begitu…

Ahh, saya tidak tahu kalimat apa yang pas untuk keadaan saat itu,  dan saya tidak tahu mengapa jiwa dan batin saya saat itu dibuat tenang dengan menyaksikan semua itu.

Setelah saya puas melihat itu semua, mbak Feri menghampiri untuk mengajak pulang dan istirahat di homestay (mbak Feri waktu itu sedang ngobrol bareng mas Eros, mba Wahyu, dan mas Jamal(penduduk karimun)).

–HARI 2—

Selamat pagi, pagi yang indah, meski matahari masih malu . Langit sedikit medung, harusnya jam 5 sudah muncul gradasi langit yang mampu menopang matahari.

Pagi itu kami memutuskan untuk jalan-jalan, untuk melihat sunrise dari dekat (kalau beruntung). Pergi ke bukit dengan jalan kaki. Pagi itu kami saksikan indahnya pagi di Karimun Jawa lewat resort entah apa namanya. Karimun Jawa ini memang banyak homestay, hotel dan resort. Harganya bervariasi, dari yang paling murah 20.000 permalam sampai 3.000.000 permalam.

Setelah puas melihat itu semua, kita balik ke homestay untuk prepare acara selanjutnya, yaitu tour laut.

Sewa kapal ukuran sedang untuk berkeliling di 3 Pulau seharga 600.000 itu ukuran kapal sedang. Dan untuk sewa alat snorkeling berapapun banyaknya , harganya dikenakan 400.000.  Jadi kalau ber-8 yang ikut, ya 400.000 dibagi 8.

Pagi itu Pulau yang kita kunjungi adalah pulau Cemara Besar, pulau Menjangan Kecil, dan pulau Gosong Abadi. Dari Karimun Jawa ke pulau Cemara besar dibutuhkan waktu 30 menit. Kata Pak Tomo(pemilik kapal), berhubung cuaca dan ombak lagi bagus , kita di ajak ke pulau Cemara Besar dulu daripada ke pulau yang lain.

Tempat pertama kali snorkeling yang disini, Pulau Cemara Besar. Gradasi lautnya ? Jangan tanya.

KEREN BANGED.

Di sekitar pulau ini banyak banged terumbu karang yang bagus. Ngeliat sebegitu bagusnya, saya langsung mikir

Makanya dulu Jepang,Belanda mau menjajah INDONESIA, lha begini BANGED bagusnya.

Pulau ini besar banged, karena kita sempat mengelilingi ini pulau, kurang lebih memakan waktu satu jam-an.

Setelah puas melihat eksotisnya terumbu karang dan kekayaan ikan yang ada disekitar pulau Cemara Besar, kita melanjutkan perjalanan ke Pulau Menjangan Kecil. Kenapa disebut “Menjangan” ? Karena  dulu katanya pulau ini banyak menjangannya, tapi sudah habis karena diburu warga untuk bertahan hidup. Di pulau ini kita juga bakar-bakar ikan untuk makan siang.

Pertamakali ini ngerasain, bakar ikan, makan ikan, di pinggir pantai . Amboiiiiiii. 😉

Lanjutttt, setelah perut kenyang, snorkeling di pulau ini.

Setelah puas melihat cantiknya bawah laut, menunggu sunset di pulau Gosong Abadi.

Setiap mau pergi ke suatu pulau, kapal nggak bisa bersandar langsung di pinggir pulau, melainkan kita harus turun dari kapal dan berjalan sekitar 1-2 meter. Waktu jalan di laut, ada rasa takut yang menghantui , gimana enggak. Kita nggak tau kan yang kita injak waktu jalan itu apa, syukur kalau pasir dan terumbu karang yang udah mati, lha kalo ikan batu(yang bentuknya mirip banget kayak karang yang mati) yang efeknya kalau nginjak kaki jadi bengkak dan nggak bisa jalan sampai berhari-hari. Itu masih kemungkinan ikan batu, lha kalau ikan pari (yang suka berdiam diri di pasir), efeknya kalau kaki kita kena ekornya, daging dari kaki kita yang kena di ambil(operasi kecil), dan nggak bisa jalan beberapa hari. Masih ada lagi, kalau snorkeling atau jalan, bisa menginjak bulu babi (yang kalau dilihat, nggak ada bagus-bagusnya ni biota, jelek item lagi). Hehe ! efeknya sama, kalau kena durinya, bisa nggak bisa jalan beberapa hari. Ada lagi, mungkin saking gemesnya sama ikan yang namanya Nemo , jangan di pegang. Sekali lagi . JANGAN DIPEGANG. Kenapa ? Bisa gatel-gatel!  Heran yaa, imutnya kayak gini, kok bisa gatel-gatel. Hehe !

Lanjut, setelah melihat sunset dan hari sudah mulai gelap. Kita balik ke homestay. Malam Menjelang, sedikit mendung, dan bintangpun malu untuk menjadi ‘aksesoris’ langit malam itu. Malam itu diputuskan untuk jalan-jalan ke alun-alun dekat dermaga.  Dan tahukah ? ada hal yang mencengangkan , ketka 2 hari ini jalan-jalan di pulau Karimun, sepeda motor  yang berada di luar rumah, kunci nya tetap menggantung. Berapa lamapun, dan meskipun sudah malam , jadi kalau saya bilang “Kayak ngasih kesempatan maling”, tapi bukan itu ternyata,  memang orang disini sudah percaya, dan ada kepercayaan “sopo seng wani nyolong motor nang karimun”, karena kalau hilang tinggal lapor ke Polisi di Jepara. Haaah, ya sudahlah, gimana kalau keadaan seperti itu di praktikkan di Surabaya. Nggak sampai 5 menit deh, motor pasti udah lenyap alias di colong. Haha ! Absurd yaa…

-Hari ke 3-

Selamat pagi, lagi-lagi pagi ini mendung dan sempat ada percikan air dari langit. Ya sudahlah, di nikmati saja. Setelah sarapan pagi dengan ikan, kita lanjutkan dengan tour laut(lagi). Agenda pagi ini adalah mengunjungi pulau Gosong Tengah, pulau Kecil, pulau Tengah dan terkahir pulau Menjangan Besar.

Pulau Gosong tengah ini benar-bener terletak di tengah laut dan tanpa ada satupun tumbuhan, jadi Cuma ukuran 3*3 meter kurang lebih dengan pasir putihnya . kenapa kita kesini dulu ? Karena air laut lagi pasang, jadi pulau ini nggak tertutup air laut, kalau sudah sekitar siang-sore pulau ini udah nggak keliatan. Aktifitas disini Cuma sekedar foto-foto.

Setelah puas, lanjut ke pulau kecil, aktifitas di pulau ini adalah snorkeling ! Yeyyyy ! Dari snorkeling-snorkeling sebelumnya, terumbu karang yang paling bagus menurut saya ya di pulau ini. SUMPAH, warna-warni mejikuhibiniu, bagus BANGED (notok). Maaf nggak bisa ngasih foto, Karen emang saya nggak punya kamera underwater (huff,kasihan L ). Setelah puas snorkeling kita jalan-jalan mengitari pulau, di pulau ini ada resort nya (tapi waktu kita berkunjung ke pulau ini, sepi banged) , harga sewa resort sekitar 800.000-an.

Matahari sudah di atas kepala, capek snorkeling dan keliling pulau, it’s time to eat ! yummyyyy….

Bakar-bakar ikan dilakukan di pulau tengah  , di pulau tengah ini ada penduduk yang menghuni, jadi ada orang yang menjual makanan seperti gorengan, teh hangat, dan makanan-makanan kecil. Menu siang ini ikan bakar yang fresh from the ocean 😀 .

Di pulau tengah ini juga terdapat penangkaran hiu, tapi hiu nya masih kecil-kecil.

Setelah kenyang, kita snorkeling lagi. Hahahaha..

HIDUP SNORKELING !

hahahahaha..

Disini ni, kita bisa ketemu nemo ! Karena nemo emang tinggal di laut yang dalam, dan di pulau ini lautnya cukup dalam, suerr !

Ahh, nemo benar-benar cute, lucu dan ekcotis.

Sekali lagi, JANGAN DIPEGANG kalau ketemu dengan mahluk yang menggemaskan ini. Unyuuuuu. Hahaha 😀

Puas snorkeling, lanjut ke penangkaran hiu yang terletak di  pulau Menjangan Besar. Hiu ini nantinya akan di eksport ke Sea World, disini juga ada penangkaran kura-kura atau penyu. Bisa juga foto bersama hiu, jangan takut (sok bijak,wkwkwk) selama kita tidak mengeluarkan darah (dari tubuh) . Hiu tidak akan menyerang, yang ada malah menyingkir, karena dia “takut” dengan manusia. Makanya kalau mau foto, ada temen kita dari atas yang melempar makanan(sisa-sisa ikan bakar) , yang dilempar dekat dengan kita, agar hiu tersebut mau dekat dengan kita. Jadilah seperti ini

Oh iya, untuk masalah sholat, Muria punya mushola yang cukup nyaman untuk sholat kok . Kalau waktu tour laut, bisa bawa mukenah(buat yang cewek) , dan bisa sholat di atas perahu. Jadi nggak ada alasan buat ninggalin sholat kan ? Hehe !

Ahhh, saya pingin balik lagi ke Karimun Jawa. Melihat eksotisnya pulau ini.

Esoknya kita pulang ke kota masing-masing.

Well, sebenarnya saya tidak bisa berenang loh , tapi karena leader (mb feri dan pak tomo ) yang baik hati, saya jadi bisa  snorkeling (di ajari mereka). Makasiih yaaaaaa 😀

Sewaktu pulang, berkacalah, lihat apa yang terjadi , sebut semua itu dengan eksotis ;).

Yaaa, beginilah , dengan jalan-jalan ala ransel mau pun koper, ala backpacker maupun travelling, kita jadi tau INDONESIA itu kayak gimana. Jadi , nggak salahkan kalau Belanda dan Jepang dulu menjajah INDONESIA, itu karena INDONESIA ini KAYA, baik LAUT maupun DARAT.

Sekian, semoga bisa jadi reverensi (halaaah, tulisan saya masih ecek2 kok). Syukur2 kalau dikasih cendol (emang kaskus) :D. Yaa, sudah..

–Jelajahi NegriMu, jelajahi IndonesiaMu-

– Traveling-lah , selagi masih muda-[Trinty]

-Indonesia 2/3 nya itu PERAIRAN-[saya]

20 thoughts on “KarimunJawa itu… EKSOTIS ~

1. Bisa sebutin rincian biaya-nya gak? 😀
    Maaf yah, tanya2 gak jelas gini ehehe
    Terus 475.000 sudah termasuk apa aja?
    Makasih infonya mbak ^^

2. Info yg berguna..
    Uapik pol pemandangan e.. terutama yg laut.
    Main ama hiunya keliatannya jg asik.
    Ditunggu petualangan2 berikutnya lg bu..

• cm bs blg gini mbak…

Tanah air ku tidak kulupakan
        Kan terkenang selama hidupku
        Biarpun saya pergi jauh
        Tidakkan hilang dari kalbu
        Tanah ku yang kucintai
        Engkau kuhargai
        Walaupun banyak negeri kujalani
        yang mahsyur permai di kata orang
        Tetapi kampung dan rumahku

Tidakkan hilang dari kalbu
        Tanah ku yang kucintai
        Engkau kuhargai

3. Tanya (lagi) : sewa kapal+alat snorkeling pantungan sama temen kan atau udah termasuk biaya tour yang 475.000 itu? XD #benerbenernafsu ke Karimunjawa LOL

• huahahaha. kapal + alat snorkeling, udah termasuk mas. Coba add fb nya Explore KarimunJawa. Search aja dan silahkan tanya mas admin sepuasnya.. huehehehe , ada juga twitternya di @XPKarimunJawa 😉

4. Subhanalloh mah ini syl.. keren bgd! backpacker sejati mah kamuuuuuuu ^^
    nanti bisa jadi cerita yg cukup menarik utk anak cucu. Sampe ktemu nemo segala.. Pasti pengalaman yg tdk akn pernah terlupa yah?

Pas pertama kali aku ngelihat Sempu aja udah takjub sama keindahannya, lahhhhh holiday mu lebih zuangaaaaaaar syl..

5. kapn yaw sil Qt k sana Lg????
    Subhanallah…………..ini surga dunia
    kedamaian tanpa keserakahan membuat Qt tenang d sana……
    I LOVE INDONESIA…itu kata2 yg tak sengaja terucap langsung ketika melihat salah satu keindahan indonesia…tak heran kenepa penjajah mati2an ja2h negeri Qt tercinta ampek b’tahun2…..